Pak Aang Pelatih Anjing

Dua tahun saya pernah menjalani profesi sebagai pengacara. Tapi, kemudian saya merasakan pekerjaan itu tidak sesuai dengan jiwanya. Sarjana hukum ini malah memilih mendirikan tempat pelatihan anjing dan sekaligus tempat kursus melatih anjing, yang dinamai Chambaraya, Dog Training Center and Dog Trainer Course.

Tekadnya mendirikan Chambaraya muncul berkat dorongan teman-teman-teman saya, yang mengakui kepiawaian saya dalam melatih anjing.

Dalam perkembangannya, Chambaraya yang semula hanya sebagai tempat melatih anjing keluarga dan anjing penjaga, kini saya juga melatih anjing-anjing untuk iklan, film, dan sinetron. Beberapa anjing yang pernah kami latih telah digunakan dalam pembuatan iklan produk keju, pembersih lantai, dan pemeran pembantu dalam sinetron Putri Duyung, dan lain-lain.

"Sekolah" Anjing
Sudah sejak lama saya terobsesi mendirikan "sekolah" bagi anjing. Di tempat itu awalnya saya hanya memberikan pelatihan bagi anjing. Tapi, karena banyak pemilik anjing malah meminta agar diajari cara melatih anjing sendiri, saya pun mengembangkan "sayap" dengan menyediakan program kursus melatih anjing.

Program itu juga ditujukan bagi mereka yang ingin mengetahui teknik dasar melatih anjing secara efektif dan efisien. Program itu juga berguna bagi para petugas keamanan (security) yang dalam menjalankan tugasnya ditemani seekor anjing penjaga.

Mesti begitu, pihaknya juga bersedia melatih langsung anjing-anjing yang akan digunakan untuk menemani para petugas keamanan. Pelatihan yang akan diberikan di antaranya ditujukan bagi anjing huru-hara, yaitu pelatihan bagi anjing yang akan digunakan untuk menemani petugas keamanan dalam menjaga pengamanan massa, pelatihan anjing penjaga teritorial, dan pelatihan berbagai macam anjing pelacak.

Saya juga melatih anjing pelacak. Program ini secara khusus diberikan oleh tim dari Chambaraya K9. Pelatihan ini termasuk latihan pelacakan jejak di tempat terbuka, pelacakan dengan mengikuti angin, dan pelatihan lain yang menjadi dasar bagi anjing SAR.

Chambaraya juga menerima penitipan anjing untuk dilatih sesuai dengan harapan si pemilik, yang disesuaikan dengan program-program latihan yang ada di tempatnya, seperti melatih anjing sahabat, anjing pelacak pemula, anjing khusus untuk pemotretan, anjing jaga pemula, anjing karya guna, dan agility program (program ketangkasan) atau sinetron.

Dalam memberikan pelatihan bagi anjing-anjing itu, saya memilih menerapkan metode pelatihan anjing modern, dalam arti pelatihan anjing diberikan dengan mengedepankan pendekatan psikologi.

Saya tidak pernah memberikan pelatihan dengan kekerasan, seperti menendang atau memukul. Bahkan walaupun anjing-anjing itu tidak mau melaksanakan perintah yang diberikan.
Dengan metode pelatihan seperti itu, anjing-anjing pun selalu berlatih dalam suasana yang riang gembira. Kondisi itu akan merangsang anjing untuk mudah memahami perintah-perintah yang diajarkan kepadanya.

Kalau suasana hatinya dalam keadaan riang gembira dan tidak merasa tertekan, maka anjing-anjing pun akan berlatih dengan riang pula. Mereka dengan senang hati akan mengikuti perintah yang diberikan. Sehingga mereka lebih bisa menyerap pelatihan yang diberikan dengan lebih cepat, jika dibandingkan dengan anjing-anjing yang dilatih dengan kekerasan.
Selain itu, saya pun tak pelit memberikan pujian bagi setiap anjing yang mampu melaksanakan perintah yang diberikan dengan baik. Pujian itu baginya amat penting diberikan sebagai reward atas keberhasilan yang telah dicapai sang anjing. Pujian itu macam-macam bentuknya, seperti elusan di tubuh si anjing, tepukan di kepala, bisa juga dengan memberikan mainan atau makanan yang disenangi sang anjing.

Dengan pujian itu, anjing akan mengerti telah berhasil melaksanakan perintah yang diberikan. Cara seperti itu juga akan merangsang anjing untuk terus berusaha melaksanakan perintah dengan baik, agar selalu mendapatkan pujian.

Sedangkan bagi anjing yang melakukan kesalahan, tidak perlu dipukul. Cukup diberi perintah koreksi, lalu perintah awal pun diulang kembali sampai sang anjing bisa melakukan dengan baik. Kalau anjing kesulitan memahami perintah yang diberikan, sebaiknya mengarahkan apa yang harus dilakukan sang anjing.

Tahun 1987 adalah awal saya mulai melatih anjing secara profesional. Kala itu saya mendapatkan honor sebesar Rp 75.000 per bulan untuk melatih seekor anjing sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Untuk Keterangan lebih lanjut hubungi saya saja...
Rachmatdi Hatmosrojo (Pak Aang)
08129019726 / 92952855 Atau 021-80281926

Untuk keterangan profile kami lebih lanjut silahkan kunjungi website kami chambaraya.com

id.88db.com › Hewan PeliharaanPelatihan

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

2 komentar:

Unknown mengatakan...

SLAMAT SORE PAK SAYA MINAT SEKALI MENJADI PELATIH ANJING GMN YA,,,MENGIKUTI PELATIHANNYA

Unknown mengatakan...

Mohon Pencerahan, Pak.... Anjing saya German Sheperd DOB 13 April 2016 dan saya ingin belajar melatihnya sejak dini.

Posting Komentar